Julliet ajah...


Hallow! Gw Julliet... Julliet aja. Kata "aja" di samping gak termasuk nama gw loh.
"Aja" itu maksudnya nama gw hanya terdiri dari 1 kata : Julliet! Dulu waktu sama-sama masih murid baru di SMP, Febe, temen gw yang maksa gw untuk ngebuat blog ini, pernah nyeletuk. "Bokap lo males banget sih bikin nama doang!"

Sebenernya sih bokap dulu nyiapin 2 nama untuk jadi nama gw. Masalahnya, bokap itu punya kode "ceroboh" dalam rangkaian kode genetika dirinya (yang sayangnya juga menurun ke gw!)

Jadi critanya sekitar 17 tahun yang lalu, bokap langsung ngeloyor keluar dari kantor kelurahan begitu terima akte kelahiran gw tanpa ngeliat aktenya dulu! Sampe rumah, nyokap yang sialnya juga punya kode "ceroboh" dalam genetikanya, langsung masukin akte gw ke dalam lemari tanpa ngecheck ulang! Sebenernya gw masih punya kesempatan buat punya nama yang terdiri dari 2 kata yaitu pas laminating akte. Tapi lagi-lagi bokap + nyokap gak menyadari kalo nama gw di akte itu gak mencakup nama kedua yang katanya "dibisikin" (serius!) sama almarhum opa gw dalam mimpi sehari sebelum gw lahir!

Tapi gw gak nyesel punya nama Julliet doang.
Pertama : berapa banyak kenalan lo yang punya nama Julliet?
Nah itu dia! Jarang kan?!
Ke dua : Kapan itu pas gw bongkar lemari nyari akte kelahiran buat urus KTP, gw nemuin fotokopi formulir pengajuan akte kelahiran gw. Perasaan gw langsung shock sekaligus lega. Dari tulisan tangannya yang seketika bisa langsung gw kenalin, ternyata bokap bermaksud menamai gw Julliet Rebeka!
Reeeee Beeeee KKKKKKKKKKKKKaaaa!
Pake hurup K bukan C!

Lo pasti berpikir kalo mungkin kode "ceroboh" dalam genetika bokap gw telah merampas posisi "kemampuan untuk membuat nama anak yang bagus" dalam rangkaian kode genetikanya.
Lo salah! Bokap gw punya selera bagus soal membuat nama. Kakak cowo gw dikasih nama Gregory, kakak cewe gw dikasih nama Alice. Satu-satunya alasan yang terlintas di otak kiri gw adalah bokap salah nulis, tapi otak kanan gw menendang jauh-jauh ide itu. Akhirnya sebelum keseimbangan otak gw terganggu, gw tanya bokap.

Mau tau dia bilang apa?
Dia bilang itu emang permintaan opa gw waktu datang ke mimpi bokap! Begini kata almarhum opa...

"Boy...." Panggilan opa buat bokap.
"Papa titip nama buat si bungsu yah." Bonyok emang udah merencanakan gw untuk jadi anak terakhir mereka.
"Kasih dia nama Rebeca..." Awalnya bokap juga berpikir Rebeca, pake "C" sampe...
"Rebeka, Boy...R...E...B...E...K...A... Pake K bukan C ya Boy."

Sebenatnya bokap agak berat untuk mengabulkan permintaan almarhum opa. Tapi dia udah janji untuk kasih kesempatan opa buat kasih nama gw gara-gara bokap dak ngijinin Opa turut campur dalam penciptaan nama kedua kakak gw sebelumnya. Sayangnya opa meninggal waktu gw masih berupa janin 3 bulan.

Sekarang yang tertinggal cuman rasa syukur gw atas roh/ jin/ makhluk halus/ siapapun yang membutakan sementara mata bapak2/ ibu2/ mas2/ mbak2 yang dulu bertugas ngetik akte kelahiran gw + kepada Tuhan yang menaruh kode "ceroboh" dalam rangkaian kode genetik bonyok sehingga nama gw tinggal Julliet doang.

Jadi kepikiran...
Kan orang bilang nama itu adalah doa orangtua untuk anaknya.
Misal:
Wicaksana = bisa ketebak kan apa harapan ortunya?
Pandu = bisa jadi pemimpin
Cantika = semoga jadi anak yang cantik.
Gantengnya = Eeeeh.. kayaknya gak ada yag ortu yang kasih nama ini. Skip!
Bima = semoga jadi anak yang gagah perkasa, jantan, macho kayak Bima pandawa lima
Nah kira-kira apa arti+ harapan bonyok waktu pilih nama gw yah?
Apa pula harapan almarhum opa gw dengan nama Rebeka pake K-nya itu?
Hiiiih, kayaknya yang terakhir biar jadi misteri aja kali ye..

Karena gak pernah bisa inget untuk nanya soal arti+harapan nama gw ke bonyok, gw coba minta informasi dari Febe yang udah sejak kapan tau rajin buka-buka buku nama+arti nama bayi.
Sedikit rahasia, Febe itu udah gonta-ganti buat nama untuk calon anaknya kelak. Dulu waktu pacaran sama Edward dia udah nyiapin sepuluh nama cowo& cewe. Semuanya nama kebule-bulean gitu.
Waktu sama Radit, 10 nama tadi digantikan dengan 10 nama yang berbau sanksekerta. Nah pas sama Andrew daftar calon nama anaknya jasi kebule-bulean lagi & jumlahnya gak tanggung-tanggung. Ada 18 nama. I wonder... Kenapa jadi sebanyak itu yah Be..Hehehe

Kok jadi ngelantur yah. Sampai mana tadi?
Oh iya, akhirnya gw tanya Febe, tapi dia malah jawab :
"Seharusnya lo jangan tanya apa arti nama lo dulu! Harusnya lo tanya kenapa lo dikasih nama JUUULLLLLIII...eeeet? Lo kan lahir bulan November bukan Juli!"

Sejak itu gw jadi gak napsu untuk tau arti nama gw!



1 komentar:

Cumie mengatakan...

Alamak sejarah nama duang ampe segini :D
"apalah arti sebuah nama" yang penting orangnya kan?
keep posting! rame bacanya koq.